Breaking News

Jokowi: Indonesia Bukan Hanya di Jawa Saja,Pembangunan Harus Merata




Indoheadlinenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah terus mendorong terciptanya kedaulatan pangan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Nusa Tenggara Timur (NTT).


“Untuk mencapai itu, hal paling utama yang harus dipenuhi adalah masalah ketersediaan air. Melalui pembangunan bendungan, masalah kekurangan air bisa diatasi,” kata Jokowi  dalam sambutannya pada Perayaan Natal Bersama Tingkat Nasional Tahun 2015 di Kupang, Senin (28/12).

Pagi tadi, sambung Presiden Jokowi, dia  bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya baru saja melakukan peletakan batu pertama pembangunan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu.
"Saya senang sekali bisa hadir di NTT lagi, baru setahun sudah tiga kali, sementara daerah lain baru satu kali. Karena saya ingin melihat provinsi ini jangan sampai tertinggal oleh provinsi yang lain. Saya mau bangun tujuh waduk," katanya.

Jokowi menuturkan, melalui pembangunan bendungan ini pemerintah bisa mencapai kedaulatan pangan yang selama ini terkendala oleh masalah ketersediaan air.

Selain pembangunan bendungan, tambahnya, pemerintah juga akan membangun waduk-waduk kecil di beberapa titik. Masalah pangan di NTT tidak akan pernah bisa diatasi kalau tidak ada air.

"Bicara pangan nggak akan bisa kalau nggak ada air. Air itu hanya akan ada kalau ada bendungan. Selain yang tujuh bendungan, saya sudah perintahkan ke Mentan, nanti akan dibangun waduk-waduk kecil. Pas hujan seperti ini, jangan sampai air itu dibiarkan lari. Jadi masalah ketersediaan air harus diselesaikan dengan benar dan serius," jelas Jokowi.

Untuk diketahui, Bendungan Rotiklot dengan luas 86 hektare, daya tampung air 2,9 juta meter kubik  ditargetkan akan selesai pada tahun 2018. Nantinya bendungan ini akan mampu memenuhi kebutuhan irigasi lahan seluas 500 hektare. Pembangunannya memakai anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2015 dengan alokasi anggaran Rp 470.535.000,-.
 
Pemerintah sudah merencanakan pembangunan 65 bendungan untuk mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia. Bendungan baru yang akan dibangun jumlahnya adalah 49, dan 16 bendungan yang sudah berjalan pembangunannya akan segera diselesaikan.
 
 
source: forumjokowi.co









Tidak ada komentar