Breaking News

Keren! Gedung KPK yang Baru Punya Makna Tersendiri



Indoheadlinenews.com -Gedung baru KPK baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Gedung KPK yang baru sengaja dibangun dengan warna merah putih sebagai simbol KPK milik Indonesia.

Gedung baru yang diresmikan pada Selasa (29/12/2015) ini berada di Jl Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan. Jaraknya hanya beberapa ratus meter dari gedung KPK lama di Jl HR Rasuna Said.


Dalam informasi yang dirilis Humas KPK, gedung dengan nilai proyek Rp 215 miliar itu memiliki luas bangunan lebih kurang 35.300 meter persegi yang dibangun di atas lahan seluas 8.381 meter persegi.

Gedung baru KPK memiliki 16 lantai, dua basement, serta lahan parkir yang dapat menampung sekitar 280 kendaraan. Selain itu, gedung baru KPK dilengkapi dengan rumah tahanan yang berada di bagian belakang.

Rumah tahanan yang ada di gedung baru memiliki kapasitas yang lebih besar. Rumah tahanan yang dimiliki berkapasitas 50 penghuni yang terdiri dari 10 penghuni wanita dan 40 penghuni pria. Sampai saat ini ruang tahanan masih dalam pengerjaan.

Dari sisi arsitektur, KPK sengaja memilih warna merah putih untuk gedung baru itu. Warna merah putih itu sebagai penanda bahwa gedung baru ini akan menjadi pusat pemberantasan korupsi yang dimiliki Indonesia.

Saat peletakan tiang pertama gedung baru KPK dua tahun yang lalu, Pimpinan KPK saat itu, Bambang Widjojanto menegaskan bahwa warna merah putih memang sengaja dipilih.

"Gedung ini membanggakan karena warnanya merah dan putih. Ada lima garis, lima filosofi dasar KPK," kata Bambang saat itu.

Bambang mengatakan, gedung baru itu juga memiliki garis tengah yang membagi sisi kiri dan kanan secara simetris. Ada makna khusus.

"Yang mencerminkan area yang tegas untuk pencegahan dan penindakan. Tapi berjalan bersama-sama," kata Bambang.
Presiden Jokowi dan Ketua KPK Agus Rahardjo

Ketua KPK Agus Rahardjo memberikan penjelasan singkat terkait gedung baru KPK di hadapan Presiden Joko Widodo dan semua pejabat yang hadir. Agus menyebut, gedung 16 lantai itu memiliki 70 ruang pemeriksaan dan full security access.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang mendukung KPK. Hari ini, tepat 12 tahun KPK berdiri semoga bisa kita maknai sebagai pencetus semangat untuk terus bekerja keras, meningkatkan kebersamaan demi terwujudnya Indonesia yang bebas korupsi," kata Agus pagi ini.

Agus mengakui proses pembangunan gedung KPK memang belum selesai sepenuhnya. Ruang tahanan yang berada di bagian belakang gedung belum selesai. Namun, gedung baru ini memiliki 70 ruang pemeriksaan, jauh lebih besar dari yang tersedia di gedung lama.

"Ada 70 ruang pemeriksaan dengan keamananan yang sangat ketat. (Orang yang masuk) Ruang 1 tidak mungkin masuk ruang 2 dan 3. Aliran terperiksa juga berbeda. Semua hal dilakukan pemeriksa suara diterjemahkan dan jadi proses verbal pemeriksaan, langsung jadi tulisan, meningkatkan lagi security keamanan gedung ini," jelas Agus.


source: detik.com




Tidak ada komentar