Breaking News

Tahun ini Indonesia harus jadi poros maritim dunia




Indoheadlinenews.com -Pemerintah bertekad menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Tekad itu disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri 2016 di Gedung Kemlu, Jakarta.

Pembangunan kapasitas maritim di berbagai bidang, tidak saja ditujukan bagi kepentingan Indonesia, kata Menlu Retno. Indonesia berkepentingan menjadikan kawasan maritim di Asia Pasifik dan Samudera Hindia sebagai zona damai.

"Indonesia berkepentingan untuk menjadikan kawasan maritim di Asia Pasifik dan Samudera Hindia sebagai zona damai, bebas, netral, serta membawa kemakmuran bagi semua," tutur Menlu Retno, Kamis (7/1).

Menlu Retno mengatakan kerja sama maritim akan diupayakan dan dituntaskan pada tataran bilateral, contohnya Jepang, Vietnam, Selandia Baru, Timor Leste, Belanda, dan Panama.

"Seperti halnya kepemimpinan Indonesia untuk mengarustamakan kerja sama maritim dalam konteks East Asia Summit (EAS) akan terus ditindaklanjuti," pungkas Retno.

Dalam kesempatan ini, Menlu Retno juga menegaskan Indonesia akan memberikan perhatian yang lebih besar pada Samudera Hindia melalui Indian Ocean Rim Association (IORA). Baginya, Samudera Hindia memiliki arti strategis bagi dunia.

"Lebih dari 50 persen perdagangan dunia melewati Samudera Hindia," jelasnya.

Karenanya, sebuah rancangan baru diperlukan untuk menjadikan Samudera Hindia bermanfaat secara ekonomi. Selain itu, hal tersebut juga akan menjadikan kawasan ini lebih damai dan stabil.



sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar