Breaking News

Panglima TNI Ajak Bangsa Kembali ke Nilai Asli Indonesia




Indoheadlinenews.com-Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengajak seluruh komponen bangsa untuk kembali ke nilai-nilai asli Indonesia di tengah serbuan globalisasi.

“Kita harus menyatukan tekad untuk kembali kepada nilai-nilai asli dan kearifan lokal bangsa Indonesia. Kemudian mengimplementasikan kembali Pancasila secara benar dan utuh dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Gatot di Jakarta, Minggu (31/1).

Ia menjelaskan kearifan lokal masyarakat Indonesia sudah merupakan kekuatan yang terbukti mampu mengantarkan bangsa ini meraih kemerdekaan dan melewati berbagai ancaman yang mengganggu jalannya pembangunan. Nilai-nilai pokok bangsa ini sudah tertuang dalam Pancasila.

Penjelasan dari Pancasila itu meliputi Sila Pertama, “Ketuhanan Yang Maha Esa”, merupakan pedoman dalam cara kita beragama. Sila Kedua, “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”, merupakan pedoman dalam berinteraksi dengan sesama manusia, baik di dalam negeri maupun di seluruh dunia. Sila Ketiga, “Persatuan 

Indonesia”, merupakan pedoman cara kita bernegara, kekuatan kita dalam bernegara adalah persatuan, bukan lainnya. Sedangkan Sila Keempat, “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”, merupakan pedoman dalam berdemokrasi.

"Jika semua itu kita jalankan dengan baik, niscaya Sila Kelima, “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”, akan dapat kita capai. Namun, seiring dengan derasnya arus globalisasi, nilai-nilai tersebut sudah mulai terkikis," tegas Gatot.


Robertus Wardi/WBP

sumber: Suara Pembaruan

Tidak ada komentar