Breaking News

Ahok: Yusril Tahu Tidak Yang Bikin Masjid Keramat Bagus Siapa? Jadi Gak Usah Fitnah deh!




Indoheadlinenews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menepuk dadanya. Dia membantah ingin meratakan Masjid Keramat Luar Batang di Penjaringan, Jakarta Utara.

Ahok mengatakan tidak mungkin dirinya meratakan masjid tersebut, sebagaimana yang diutarakan Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra.

Apalagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan masjid itu sebagai bangunan cagar budaya. Ahok menyebut malah pihaknya yang membuat Masjid Luar Batang direnovasi dan dipercantik.

"Makanya itu yang saya bilang, itu pinternya Pak Yusril. Dia tahu tidak Masjid Luar Batang yang bikin bagus siapa? Nih, tanya sama Muazin semua," ucap Ahok seraya menepuk dadanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (28/3/2016).

Ahok menjelaskan penertiban yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta malah akan mempercantik Masjid Keramat Luar Batang. Terutama kepada pendatang yang tiba di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Menurut informasi yang dihimpun, Masjid Keramat Luar Batang merupakan masjid yang dibangun pada 1732 oleh Al Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Al 'Aydrus.

Menurut Ahok dengan nilai historisnya, Masjid Keramat Luar Batang bisa menjadi destinasi wisata religi. Apalagi ada makam keramat di Masjid Luar Batang.

"Ada makam di dalam dan segala macam. Itu bisa jadi tempat wisata yang bagus. Jadi yang Ahok mau gusur bukan itu (masjid). Jadi Yusril tidak usah fithan," kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Ahok membenarkan pihaknya akan melakukan penertiban di permukiman yang ada di Kramat Luar Batang.
Namun, dia membantah kalau masjid yang ada di sana juga akan diratakan.
Hal itu sekaligus mematahkan pernyataan yang diungkapkan Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra.

Sebelumnya, Yusril yang juga Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 membela warga Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. Dia ditunjuk oleh warga sebagai kuasa hukum.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang itu bersedia mendampingi 5.000 warga karena adanya persoalan sensitif terkait makam keramat yang diketahui adalah makam Al Habib Husein.


"Ini kan sering digunakan untuk berbagai ritual keagamaan dan itu kita hormati masyarakat Islam tradisional," ujar Yusril dalam konferensi pers di Kopi Bangi, Pasar Minggu, Sabtu (26/3/2016).


Menurut informasi yang dihimpun, Masjid Luar Batang merupakan masjid yang dibangun pada 1732 oleh Al Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Al 'Aydrus.

Luar Batang sebenarnya julukan bagi sang habib. Cerita turun-temurun menyebutkan, ketika ia wafat (1756), Belanda melarang jenazahnya dimakamkan di daerah itu.

Hanya, ketika diusung dengan kurung batang (keranda dari bambu), para pengikutnya menemukan jenazah Habib Husein tak ikut serta. Sebaliknya, jenazah malah didapati kembali ke kediamannya, tak jauh dari masjid.

Ahok mengatakan apa yang diucapkan Yusril, bahwa pihaknya ingin menggusur Masjid Luar Batang tidak benar.
"Yang saya ingin gusur bukan itu. Jadi Yusril tidak usah fitnah," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (28/3/2016).

 baca juga: - Jelang Pilgub DKI, Tokoh - Tokoh Dari Berbagai Kalangan Ini Getol Teriakkan Kampanye SARA

 - Mengapa Felix Siauw dan Rizieq Shihab tidak dituntut oleh Fahira? Kenapa Hanya Zaskia Gothik?

- Ketegaran Ahok Terhadap Serangan Lawan Politiknya

- Begini Penampilan Ayah Marshanda di Panti Sosial 

Benarkah Ibu Tien Soeharto Meninggal Diterjang Peluru? 

- Ahok: Putrinya Artis, Kenapa Ayah Marshanda Bisa Kaya Begitu?  

Tidak ada komentar