Breaking News

Jokowi's Effect!! Gaya Blusukkan Jokowi Ditiru Kang Dedi, Bupati Purwakarta



Indoheadlinenews.com -Kata blusukan mulai akrab di telinga masyarakat ketika Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Blusukan sendiri itu artinya adalah meninjau secara langsung proses pembangunan di suatu wilayah.

Setelah Jokowi menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019, blusukan masih sering dia lakukan. Gaya blusukan Jokowi kemudian diikuti oleh beberapa pemimpin daerah. Salah satunya adalah Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Pria yang akrab disapa Kang Dedi ini sering melakukan blusukan ke beberapa desa di Kabupaten Purwakarta.


Menurut Dedi, blusukan menjadi cara ampuh dirinya untuk mengetahui seberapa jauh pembangunan di wilayah yang dipimpinnya. Dia juga dapat mengetahui secara langsung penggunaan bantuan yang diberikannya untuk desa-desa di Purwakarta.

"Tidak harus menunggu kabar saja dari lurah atau kepala desa bahwa dananya sudah dipakai untuk ini, untuk itu. Tapi kita tinjau secara langsung biar mengerti apa benar demikian," kata Dedi , Senin (4/1/2016).

Saat melakukan perjalanan dinas, tak jarang Dedi meminta sopirnya untuk memberhentikan kendaraan. Dia kemudian keluar dari mobil dan bertemu warga sekitar yang sedang ngariung (berkumpul).

Warga yang tadinya tak mengetahui kalau di dalam kendaraan tersebut ada orang nomor satu di Purwakarta pun tampak terkejut. "Ya ampun bapak. Pak Dedi. Aduh pak, sampurasun!," sahut salah seorang warga.

Seketika warga pun menyemut di sekitar lokasi. Beberapa warga yang rata-rata anak muda langsung sigap mengeluarkan handphone dari saku celananya.

"Pak selfie heula atuh bapak," pinta salah satu anak muda.

Cekrek! Anak muda tersebut berselfie dengan Bupati Purwakarta. Tak mau ketinggalan, warga pun berfoto bersama dengan Dedi. Tak sampai disitu, melihat ada warung di dekat pemberhentiannya, Dedi kemudian mengunjunginya.


"Ini jual apa? Sing sukses ya," ucap Dedi.

Uang sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta pun keluar dari saku celananya. "Semoga bermanfaat," harapnya. Sang pemilik warung yang mendapatkan rezeki pun menangis sejadi-jadinya.

"Haturnuhun pisan (terima kasih  sekali) bapak. Haturnuhun!" jawab pemilik warung terisak.

Beberapa anak-anak yang ada di sekitarnya pun tak ketinggalan Dedi berikan sedikit uang. Selembar uang bergambar proklamator RI pun keluar dari saku celananya.

Dedi kemudian kembali masuk ke dalam mobilnya dan melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan. "Pak Dedi mah gak banyak omong. Beliau melakukan kerja yang hasilnya kelihatan. Sukses buat Pak Bupati," tutur Firman, salah seorang warga Desa Bojong.


source: detik.com

Tidak ada komentar